Oleh: Lukman | Oktober 9, 2009

Permainan Perkenalan


Pada suatu pertemuan yang dalam hal ini guru/tutor, dalam pertemuannya yang baru ingin dikenal dan juga ingin dekat dengan siswanya. Langkah yang diambil yakni berkenalan terlebih dahulu kepada siswanya kemudian siswanya pula memperkenalkan dirinya. Sudah pastinya hal itu pula menjadikan guru/mentornya dekat. Karena pepatah lama mengatakan tak kenal maka tak sayang…tak sayang maka tak…(kawin) tak kutak mau tak.he3x…, Adapun dalam hal ini kita coba melakukan perkenalan dengan yang berbeda caranya atau bukan dengan cara yang biasa. Perkenalan yang lain itu dilakukan dengan cara bermain dengan siswa, agar lebih dekat dan lebih terasa hangat getooo (huhuhuuuuu).

Dalam perkenalan ini tidak membutuhkan alat dalam bentuk apapun, dengan jumlah yang tidak terbatas dan waktu yang diperlukan kira-kira 8 – 10 menit.

Guru/tutor bertindak sebagai pemimpin dengan memerintahkan siswa selaku anak buahnya. Dimulai dengan memerintahkan siswanya berbaris sesuai dengan tinggi badan, dari yang tinggi (jangkung) sampai yang rendah (kuntet).  waktu yang diperlukan untuk menyesuaikan barisannya pun diberikan waktu 2 menit, agar siswa secara serentak bereaksi secara cepat. Jika dalam waktunya melebihi waktu yang diberikan, alangkah indahnya jika diberikan sangksi getooo…sangksinya terserah aja deh, yang penting jgn sampai melukai apalagi bertindak cabuL. Bisa-bisa kena hukuman dari Tuhan,,, iiihhhh serrreeemmm…

Setelah itu guru bisa memerintahkan siswanya baris sesuai dengan tanggal, bulan, tahun kelahiran dari yang termuda sampai yang tertua (bangkotan).

Kemudian kurang afdhoL jika hanya perkenalan yang selintas saja, yang perlu dilakukan adalah siswa diminta untuk menghafal nama, tanggal, bulan dan tahun kelahiran dari pada teman-temannya dalam waktu 5 menit.

Nah, jd begitu deh permainan perkenalan yang mungkin sedikit ngasih referensi bwt anda. Yang dalam hal ini berguna untuk siswa saling mengenal nama dan berani mengungkapkan diri…

terima kasih…, dan jgn lupa komentarnya yach..!!!


Responses

  1. lumayan,,, menarik…

  2. permainan tg lain dong… yg tujuannya berkenalan

  3. :) bagus. saya pernah pakai cara ini.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: