TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK


Teori belajar behavioristik merupakan proses perubahan tingkah laku sebagai akibat adanya interaksi antara stimulus dengan respons yang menyebabkan siswa mempunyai pengalaman baru. Aplikasinya dalam pembelajaran adalah bahwa guru memiliki kemampuan dalam mengelola hubungan stimulus respons dalam situasi pembelajaran sehingga hasil belajar siswa dapat optimal.

Adapun tokoh-tokoh dalam teori belajar behavioristik:

  1. Edward Lee Thorndike (1874-1949)

Seorang pendidik & psikolog berkebangsaan Amerika, mengemukakan bahwa belajar merupakan peristiwa terbentuknya asosiasi –asosiasi antara peristiwa- peristiwa yang disebut stimulus (S) dengan respon (R). Stimulus adalah suatu perubahan dari lingkungan eksternal yang menjadi tanda untuk mengaktifkan organisme untuk beraksi \ berbuat, sedang respon adalah sembarang tingkah laku yang dimunculkan karena adanya perangsang. Teori belajar yang dikemukakan Thorndike sering disebut dengan teori koneksionisme\ teori asosiasi. Thorndike mengemukakan bahwa terjadinya asosiasi antara stimulus & respon mengikuti hukum- hukum :

  • Hukum kesiapan (Law of readiness), semakin siap suatu organisme memperoleh suatu perubahan tingkah laku maka pelaksanaan tingkah laku tersebut akan menimbulkan kepuasan individu sehingga asosiasi cenderung diperkuat.
  • Hukum latihan (Law of exercise), semakin sering suatu tingkah laku diulang\ dilatih (digunakan) maka asosiasi tersebut akan semakin kuat.
  • Hukum akibat (Law of effect), hubungan stimulus respon cenderung diperkut bila akibatnya menyenangkan & cenderung diperlemah jika akibatnya tidak memuaskan.

Tambahan hukum Thorndike :

  1. Hukum Reaksi Bereaksi (Multiple Response)

  2. Hukum Sikap (Set \Attitude)

  3. Hukum Aktivitas Berat Sebelah(Prepotency of Element)

  4. Hukum Respon by Analogy

  5. Hukum Perpindahan Asosiasi

Beberapa revisi hukum belajar :

  • Hukum latihan ditinggalkan karena ditemukan pengulangan tidak cukup untuk memperkuat hubungan stimulus respon sebaliknya tanpa pengulangan hubungan stimulus respon belum tentu diperlemah.
  • Hukum akibat direvisi. Dikatakan oleh Thorndike bahwa yang berakibat positif untuk perubahan tingkah laku adalah hadiah sedangkan hukuman tidak berakibat apa-apa.
  • Syarat utama terjadinya hubungan stimulus respon bukan kedekatan , tetapi adanya saling sesuai antara stimulus & respon.
  • Akibat suatu perbuatan dapat menular (Spread of Effect) baik pada bidang lain maupun pada `individu lain.
  1. Burrhus Frederic Skinner (1904- 1990)

Tokoh behavioris dengan pendekatan model instruksi langsung (directed instruction ) & menyakini bahwa perilaku dikontrol melalui proses operant conditioning yang berkebangsaan Amerika. Gaya mengajar guru dilakukan secara searah & dikontrol melalui pengulangan (drill) & latihan (exercise). Manajemen kelas menurut Skinner :berupa usaha untuk memodifikasi perilaku (behavior modification ) antara lain dengan proses penguatan (reinforcement) yaitu memberi penghargaan pada perilaku yang diinginkan & tidak memberi ingatan apa pun pada perilaku yang tidak tepat. Skinner menyatakan bahwa unsur terpenting dalam belajar adalah penguatan (reinforcement) maksudnya pengetahuan yang terbentuk melalui ingatan stimulus- respon akan semakin kuat apabila diberi penguatan Skinner membagi penguatan menjadi 2 yaitu penguatan positif & penguatan negative. Bntuk –bentuk penguatan positif :hadiah, permen, kado, makanan,perilaku (senyum, menganggukkan kepala untuk menyetujui, bertepuk tangan, mengacungkan jempol)\ penghargaan. Bentuk –bentuk penguatan negative menunda\tidak memberi penghargaan, memberikan tugas tambahan /menunjukkan perilaku tidak senang Beberapa prinsip belajar Skinner:

  1. Hasil belajar harus segera diberitahukan pada siswa ,jika salah dibetulkan jika benar diberi penguat
  2. Proses belajar harus mengikuti irama dari yang belajar
  3. Materi pelajaran digunakan system modul
  4. Dalam proses pembelajaran lebih dipentingkan aktivitas sendiri
  5. Dalam proses pembelajaran tidak digunakan hukuman. Untuk ini lingkungan perlu diubah untuk menghindari adanya hukuman
  6. Tingkah laku yang diinginkan pendidik, diberi hadiah & hadiah diberikan dengan digunakannya jadwal variable rasio reinforcer
  7. Dalam pembelajaran digunakan shaping

Beberapa kekeliruan dalam penerapan teori Skinner :penggunaan hukuman sebagai salah satu cara untuk mendisiplinkan siswa & sebagai hukumannya anak merasakan sendiri konsekuensinya dari perbuatannya. Kesalahan dalam penguatan positif terjadi dalam situasi pendidikan seperti penggunaan rangking juara dikelas yangmengharuskan anak menguasai semua mata pelajaran.

  1. Ivan Petrovich Pavlov (1849- 1936)

Ivan Petrovich Pavlov lahir 14 September 1849 di Ryazan Rusia. Ia mengemukakan bahwa dengan menerapkan strategi ternyta individu dapat dikendalikan melalui cara stimulus alami dengan stimulus yang tepat untuk mendapatkan pengulangan respon yang diinginkan, sementara individu tidak menyadari bahwa ia dikendalikan oleh stimulus yang berasal dari luar dirinya.

  1. Robert Gagne (1916- 2002)

Gagne adalah seorang psikolog pendidikan berkebangsaan Amerika yang terkenal dengan penemuannya berupa Conditions of Learning. Konstribusi terbesar dari teori Gagne ada 9 kondisi instruksional:

  • Gaining Attention :mendapatkan perhatian
  • Intorm Learner of Objectives :menginformasikan siswa mengenai tujuan yang akan dicapai
  • Stimulate recall of prerequisite learning :stimulasi kemampuan dasar siswa untuk persiapan belajar
  • Present new material :penyajian materi baru
  • Provide guidance :menyediakan pembimbing
  • Elicit performance :memunculkan tindakan
  • Provided feedback about correctness :siap memberikan umpan balik langsung terhadap hasil yang baik
  • Assess performance :menilai hasil belajar yang ditunjukkan
  • Enhance retention & recall:meningkatkan proses penyimpangan memori & mengingat Gagne disebut sebagai modern neobehaviourist mendorong guru untuk merencanakan intruksional pembelajaran agar suasana & gaya belajar dapat dimodifikasi.
  1. Albert Bandura (1925- masih hidup sampai sekarang)

Lahir 4 Desember 1925 di Mundare Alberta berkebangsaan Kanada. Ia seorang psikolog terkenal dengan teori belajar social /kognitif social serta efikasi diri. Eksperimen yang terkenal adalah eksperimen Bobo Doll menunjukkan anak meniru secara persis perilaku agresif orang dewasa.

Faktor-faktor yang berproses dalam belajar observasi :

  1. Perhatian (atensi) mencakup peristiwa peniruan & karakteristik pengamat
  2. Penyimpangan /proses mengingat mencakup kode pengkodean simbolik, pengorganisasian pikiran pengulangan symbol, motorik
  3. Reproduksi motorik mencakup kemampuan fisik, meniru, keakuratan umpan balik
  4. Motivasi mencakup dorongan dari luar & penghargaan terhadap diri sendiri

Faktor model /teladan mempunyai prinsip- prinsip

  1. Tingkat tertinggi belajar dari pengamat diperoleh dengan cara mengorganisasikan sejak awal & Mengulangi perilaku secara simbolik kemudian melakukannya
  2. Individu lebih menyukai perilaku yang ditiru jika sesuai dengan nilai yang dimilikinya
  3. Individu akan menyukai perilaku yang ditiru jika model/ pantauan tersebut disukai/ dihargai & perilakunya mempunyai nilai yang bermanfaat

Hal- hal yang harus diperhatikan dalam menerapkan teori behavioristik adalah cirri- ciri kuat yang mendasarinya:

  1. mementingkan pengaruh lingkungan
  2. mementingkan bagian- bagian (elemantalistik)
  3. mementingkan peranan reaksi
  4. mengutamakan mekanisme terbentuknya hasil belajar melalui prosedur stimulus respon
  5. mementingkan peranan kemampuan yang sudah terbentuk sebelumnya
  6. mementingkan pembentukan kebiasaan melalui latihan & pengulangan hasil belajar dicapai adalah munculnya perilaku yang diinginkan.

Konsekuensinya teori behavioristik adalah para guru yang menggunakan paradigma behavioristik akan menyusun bahan pelajaran dalam bentuk yang sudah siap shingga tujuan pembelajaran yang harus dikuasai

siswa disampaikan secara utuh oleh guru. Tujuan pembelajaran dibagi dalam bagian- bagian kecil yang ditandai dengan pencapaian suatu keterampilan tertentu. Hasil yang diharapkan dari penerapan teori behavioristik ini adalah terbentuknya suatu perilaku yang diinginkan. Kritik terhadap behavioristik adalah pembelajaran siswa yang berpusat pada guru, bersifat mekanistik & hanya berorientasi pada hasil yang dapat diukur &diamati. Penerapan teori yang salah dalam situasi pembelajaran mengakibatkan terjadinya proses pembelajaran yang sangat tidak menyenangkan bagi siswa yaitu guru sebagai sentral bersikap otoriter, komunikasi berlangsung 1 arah, guru melatih & menentukan apa yang harus dipelajari murid. Penggunaan hukuman yang sangat dihindari para tokoh behavioristik dianggap metode paling efektif untuk menertibkan siswa.

Tentang Lukman

orang yang benci, dan dengki padamu akan menuduhmu melakukan kesalahan, bukan kamu melakukan kesalahan, tapi kedengkian orang itu yang menjadikan apa saja salah di matanya. sebab keburukan hatinya itu melahirkan keburukan. sepiteng/ penampung tinja itu selalu mengeluarkan bau busuk, sekalipun kamu berdiri di sampingnya dalam pakaian baru dan minyak wangi mahal, penampung tinja itu tak akan mengomentari dengan bau wangi, tetap saja dia berkomentar dengan bau busuk -mahkota ruhani-
Pos ini dipublikasikan di DIKNAS, Pendidikan dan tag , . Tandai permalink.

4 Balasan ke TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK

  1. dadang berkata:

    saya minta tolong ya pak. saya butuh teori yang berkaitan deangan ” latihan soal ” Jika latihan semakin sering maka akan diperoleh hasil belajar yang maksimal

  2. abdul latief berkata:

    bapak lukman..
    tolong dong saya minta teori yang berhubungan dengan “pemberian hadiah (reward)”. buat nambah2 reverensi skripsi saya… oke.

  3. surya nugraha berkata:

    mencari ilmu di dunia maya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s