Ditemukan Danau di Bulan Saturnus


Saturday, 02 August 2008
TUCSON (SINDO) – Badan Antariksa Amerika Serikat (AS) berhasil mendeteksi sebuah danau raksasa di dekat kutub utara Titan, salah satu bulan Planet Saturnus.

Danau yang luasnya sekitar 20.000 kilometer persegi (km2) atau sebanding dengan Danau Ontario, di Amerika Utara itu diberi nama Ontario Lacus. Temuan tentang danau di Titan secara lengkap diulas jurnal Naturepada 31 Juli. Berbeda dengan danau di bumi yang dipenuhi air, danau di sana diprediksi terisi metan dan etan, yakni jenis senyawa hidrokarbon berupa gas.

Para ilmuwan mendeteksi keberadaan danau itu menggunakan spektrometer visual dan inframerah (VIMS) yang dibawa wahana tak berawak Cassini. Robert Brown dari Laboratorium Bulan dan Planet- Planet Universitas Arizona di Tucson yang terlibat dalam penelitian tentang Saturnus mengatakan, temuan tersebut menguatkan dugaan bahwa Titan memiliki genangan cairan di permukaannya. Brown berharap dalam beberapa waktu ke depan pihaknya dapat menemukan genangan-genangan serupa di sekitar Saturnus.

“Sepertinya sebagian kandungan di danau itu sudah menguap. Ini sangat masuk akal karena kutub utara di sana tengah mengalami musim panas.Penguapan maksimal baru saja terjadi atau setidaknya tengah dalam proses. Saya kira masih ada banyak cairan tersisa yang tidak akan ikut menguap,” papar Brown, seperti dikutip SPACE.com. (Rtr/imam gem)

Tentang Lukman

orang yang benci, dan dengki padamu akan menuduhmu melakukan kesalahan, bukan kamu melakukan kesalahan, tapi kedengkian orang itu yang menjadikan apa saja salah di matanya. sebab keburukan hatinya itu melahirkan keburukan. sepiteng/ penampung tinja itu selalu mengeluarkan bau busuk, sekalipun kamu berdiri di sampingnya dalam pakaian baru dan minyak wangi mahal, penampung tinja itu tak akan mengomentari dengan bau wangi, tetap saja dia berkomentar dengan bau busuk -mahkota ruhani-
Pos ini dipublikasikan di Berita, Pendidikan dan tag , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Ditemukan Danau di Bulan Saturnus

  1. uwiuw berkata:

    wah gila gede banget ukuran danaunya yah…udah itu isi bukan air lagi…

  2. Lukman berkata:

    ya begitu deh mass UWIUW..!!! yah kalau dibandingkan dengan danau situ gintung yah masih besaran danau ntuh..hehehe..[lam kenal]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s