Kenapa Anak Takut Sekolah


BUTUH PERHATIAN: Dua anak sekolah dasar sedang bercengkerama di taman. Bila melihat buah hati sudah enggan bersekolah, sebagai orangtua, Anda mesti mencari tahu penyebabnya. Sebab kalau dibiarkan akan menimbulkan pengaruh buruk bagi si anak di kemudian hari

WASPADAI jika anak yang biasa rajin ke sekolah, tiba-tiba enggan berangkat. Menyelidiki apa yang terjadi merupakan langkah terbaik yang harus dilakukan orangtua.

Mempersiapkan diri untuk berangkat ke sekolah, biasanya menjadi hari paling penting bagi anak-anak. Persiapan menuju sekolah, biasanya diwarnai pula dengan berbagai aktivitas rutin yang terkadang merepotkan orangtua. Entah itu menyiapkan sarapan hingga merapikan seragam si buah hati. Belum lagi rengekan anak-anak yang selalu kehilangan topi, sepatu ataupun buku-buku ketika hendak berangkat ke sekolah.

Bisa dibayangkan kerepotan yang dialami seorang ibu dengan anak-anak yang selalu berisik setiap pagi. Namun, kegiatan rutin dan sedikit kekacauan pada pagi hari tersebut, tentu saja tidak akan menjadi beban bagi orangtua jika si anak menjalaninya dengan senang hati dan gembira.

Terlepas dari segala masalah dan kesibukan menjelang berangkat sekolah, suasana akan berbeda jika si buah hati enggan bangun pagi, enggan sarapan ataupun malas mengenakan seragam. Jika biasanya anak bersemangat bercerita tentang aktivitasnya di sekolah, tapi belakangan tiba-tiba sering melamun dan bermalas-malasan.

Seperti malas mengerjakan PR, malas belajar, bahkan kalau tidak dibujuk, si anak juga malas berangkat ke sekolah.Kejadian itu perlu diwaspadai karena bisa berasal dari trauma yang dialami anak di sekolah. Tentu saja, sebagai orangtua tidak bisa langsung memarahi atau menghukum anak karena ada beberapa hal yang bisa menjadi pemicu. Orangtua harus jeli dan bijak mencari penyebab kenapa anak berperilaku demikian.

Karena jika tidak jeli, bisa saja anak akan semakin membenci sekolah dan bahkan trauma. ”Jika biasanya anak-anak rajin ke sekolah, selalu semangat bangun pagi, tapi tibatiba berubah drastis menjadi malas dan tidak bergairah untuk sekolah, orangtua harus mewaspadai ada sesuatu yang menimpa anak di sekolah,” kata psikolog anak Frans Budianto.

Banyak kasus bisa menyebabkan anak takut atau trauma datang ke sekolah. Sebut saja di antaranya memiliki teman yang tidak disukai, berkelahi ataupun guru yang mendidik dengan cara-cara yang tidak benar, misalnya memukul. ”Jika kemalasan anak berlarut-larut, lebih baik orangtua mendatangi sekolah dan bertanya kepada guru, apa kira-kira yang membuat si kecil takut,” kata Frans.

Senada dengan Frans, penelitian yang dilakukan seorang dokter anak dari Pediatric Medical Associates di Pennsylvania, Jeremy Lichtman MD, terungkap bahwa banyak hal menyebabkan anak tiba-tiba malas sekolah. Di antaranya, terlalu banyak tugas seperti PR yang harus dikerjakan di rumah, lingkungan sekolah yang tidak nyaman, bahkan anak tidak percaya diri ketika berada di sekolah, menjadi penyebab utama anak enggan berangkat ke sekolah.

”PR memang tugas sekolah yang harus dikerjakan di rumah. Namun, jika terlalu banyak, bisa-bisa membuat si kecil terbebani,” kata Jeremy Lichtman. Sebagai orangtua, menurut Jeremy, harus aktif mengetahui tugas-tugas apa saja yang diberikan guru pada anak. Periksalah tenggang waktu penyerahan tugas yang ditentukan guru. Bantulah anak dalam mengerjakan PR, tapi bukan berarti orangtua yang mengerjakannya.

”Biarkan si kecil yang mengerjakan sendiri PR-nya, tugas orangtua hanyalah membimbing dan mengoreksi apakah yang dikerjakannya sudah benar,” kata Jeremy. Faktor lain yang perlu diwaspadai ketika anak malas berangkat ke sekolah adalah lingkungan sekolah yang tidak nyaman.

Dalam penelitian Jeremy,faktor itu biasanya karena anak sering dijahili teman-temannya,bahkan bisa jadi dimintai uang.”Kejadian seperti ini merupakan sesuatu yang sering didengar dan harus betul-betul diwaspadai orangtua agar anak tidak menjadi penakut atau bahkan trauma karenanya,” ujar Jeremy. Jika menghadapi hal seperti itu, Jeremy menyarankan agar orangtua segera mengambil tindakan.

Tindakan itu bisa dengan menghubungi kepala sekolah dan ceritakan keluhan yang dihadapi si kecil saat sekolah. Mintalah kepala sekolah untuk menyelesaikannya dengan baik. ”Jika ternyata hal itu tidak juga bisa diatasi, jangan segan untuk memindahkan anak ke sekolah yang bisa menjamin keamanan si kecil.

Yang penting,anak tidak menjadi korban,”katanya lagi. Penyebab lain anak menjadi malas ke sekolah, menurut Jeremy, adalah anak memiliki rasa rendah diri dan sulit bergaul dengan teman seusia.Hal itu membuat anak benar-benar tidak tertarik berangkat ke sekolah karena di benaknya sudah tertanam bahwa di sekolah tidak akan memiliki teman.

Jika si kecil merasa rendah diri ketika berada di sekolah, Jeremy mengatakan orangtua haruslah membimbing anak untuk memahami kondisinya sendiri. ”Katakan pada anak bahwa dia sudah lebih beruntung dibandingkan dengan teman-temannya yang cacat ataupun kurang mampu,” tuturnya. (bernadette lilia nova)

dalam: http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/pendidikan/telusuri-penyebab-anak-takut-sekolah-2.html

Tentang Lukman

orang yang benci, dan dengki padamu akan menuduhmu melakukan kesalahan, bukan kamu melakukan kesalahan, tapi kedengkian orang itu yang menjadikan apa saja salah di matanya. sebab keburukan hatinya itu melahirkan keburukan. sepiteng/ penampung tinja itu selalu mengeluarkan bau busuk, sekalipun kamu berdiri di sampingnya dalam pakaian baru dan minyak wangi mahal, penampung tinja itu tak akan mengomentari dengan bau wangi, tetap saja dia berkomentar dengan bau busuk -mahkota ruhani-
Pos ini dipublikasikan di Berita, DIKNAS, Pendidikan, Psikologi dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s