Metode Jigsaw


Metode ini akan saya uraikan sedikit, bagaimana teknik menjalankan metode belajar dalam memacu anak dalam prestasi yang baik…

untuk para pengajar, dapat melakukannya sendiri dan tidak berbahaya..hehehe, yang ada hanyalah kemajuan yang pesat pada anak didik anda.

Zigsaw dilakukan berkelompok dan dalam kelompoknya terdiri dari 4 orang anggota. kemudian Guru membagikan pertanyaan soal pada tiap-tiap kelompoknya dan soal tersebut terdiri dari 4 soal essay. Setelah diberikan soal, dari empat soal tersebut dibagikan ketiap-tiap anggota kelompoknya.., jika terdiri dari 4 orang anggota maka setiap anggota mendapatkan masing-masing 1 soal. Masing-masing soal yang sudah diberikan kepada tiap-tiap anggotanya dikerjakan dengan baik. Jika soal sudah dikerjakan maka kumpulkan soal sesuai dengan nomor soalnya dari tiap kelompok..[soal nomor satu dikumpulkan dengan nomor satu yang lain dari kelompok lain] Setelah dikumpulkan sesuai dengan nomor soalnya, lalu masing-masing anggota mempresentasikan jawabannya.. Dimulai dengan anggota yang mengerjakan soal nomor 1 mempresentasikan jawaban soalnya. Jika sudah dipresentasikan lalu guru memutuskan jawaban mana yang sesuai. Jika sudah diputuskan maka presentasi selanjutnya dengan soal nomor 2, kemudian sama dengan presentasi nomor satu. hingga terselesaikannya nomor terakhir. Kalo sudah selesai, maka jawaban-jawaban tiap soal di kumpulkan lagi sesuai dengan kelompoknya…

begitulah metode zigsaw dilaksanakan mudah-mudahan dapat membantu memajukan kreatifitas guru dalam mengajar..amien.

Tentang Lukman

orang yang benci, dan dengki padamu akan menuduhmu melakukan kesalahan, bukan kamu melakukan kesalahan, tapi kedengkian orang itu yang menjadikan apa saja salah di matanya. sebab keburukan hatinya itu melahirkan keburukan. sepiteng/ penampung tinja itu selalu mengeluarkan bau busuk, sekalipun kamu berdiri di sampingnya dalam pakaian baru dan minyak wangi mahal, penampung tinja itu tak akan mengomentari dengan bau wangi, tetap saja dia berkomentar dengan bau busuk -mahkota ruhani-
Pos ini dipublikasikan di Metode Belajar, Pendidikan dan tag , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Metode Jigsaw

  1. gunraytasti berkata:

    Terimakasih infonya, sangat membantu. Soalnya aku lagi nyusun skripsi yang berhubungan dengan metode Jigsaw ini, tapi kelompok yg aku bentuk terdiri dari 6 orang dg 6 kelompok belajar.

    • Lukman berkata:

      terimakasih jg mas gunray,, untuk pembagian kelompok diatas terurai tergantung jumlah siswa, kelompok dan pembagian soalnya. Jika tiap kelompoknya terdapat 6 siswa maka jumlah soalnya pun 6 soal. Jadi tak mengapa jika yang mas gun bagi pada kelompoknya 6.

  2. Meisje berkata:

    Thanks ya… sekarang saya uda ada gambaran tentang apa sih metode jigsaw ^_^.. coz da tugas untuk mencari penjelasan dari metode ini.

  3. leni uliani berkata:

    aq mau tanya…bagaimana cara penerapan metode jigsaw bila materi yang di berikan tentang integral???
    apakah bisa di terapkan?
    karena saya ingin membuat makalah mengenai materi integral.dan saya mengambil judul “memahami konsep-konsep integral dalam pemecahan masalah dengan mengunakan metode jigsaw”.menurut anda apakah judul ini dapat di terima?
    seblmnya trima kasih.-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s