Penyebab Kejenuhan Belajar


Nah loh, ini dia nih yang ngebikin semua guru jadi cemberut sampe bibir pade manyun. Gimana gag pada manyun tuh guru, wong siswanya kagag pada semangat alias lagi pada Bete’. Kejenuhan dalam belajar siswa sama saja dengan kejenuhan kegiatan yang laennya.

Kejenuhan itu pada umumnya dikarenakan dalam suatu prosesnya yang dalam hal ini belajar siswa monoton (kagag bervariasi) atawa gaya belajarnya yang itu-itu aja. Emang sih, dari dulu ampe sekarang gaya belajar kita kagag ada perubahan, yang kita juga ngerasain sendiri dah gimana rasanya waktu kite sekoleh dulu..sama khan..!! BT..BT..Akhhh,, Udah tau kaya gitu eehhh ngapa kita ikutin tuh gayanya…capec dec!!! Mustinya kita selaku kaum muda yang udah ngerasain gimana perasaan BT kite dulu, jangan ampe ngelakuin yang sama pula saat kite ngajarin anak didik kite sekarang.

yang jadi faktor penyebab kenapa anak sering sekali jenuh dalam belajar yakni:

1. Metode Belajar tidak bervariasi

Seringkali kita gag sadar bahwa cara belajar mereka dari SD sampai Perguruan Tinggi gag berubah-berubah. Misalnya, cara mempelajari cara hafalan, gag sedikit dari kita yang membaca langsung dari buku. Contoh lainnya dalam belajar ilmu pasti yang dilakukan dengan cara ngafalin rumus-rumus yang dibuku, dan ngafalin contoh-contoh soal yang tertulis di buku. Cara belajar yang kayak gini nih udah dari SD dilakonin. Ada lagi nih cara belajar yang dari SD sampe Perguruan Tinggi kagag berubah, belajar kalo besoknya Ujian. ,,

2. Belajar hanya ditempat tertentu

Belajar hanya ditempat tertentu dengan kondisi ruang yang itu-itu aja, seperti posisi meja, kursi, keadaan dinding dan kawan-kawannya yg tidak berubah-rubah bisa ngebikin kite jenuh…so pasti!!! Bahkan bukan cuman bikin jenuh, kalo kite coba belajar di tempat yang belum kita coba sebelumnya misalnya belajar dilapangan tanpa meja, kursi, dinding, atap, dkk, sebagian kecil atawa sebagian besar ilmu yang kite serap, ludes begitu aje dari pikiran pada saat kite ujian.

3. Suasana Belajar yang gag pernah berubah-ubah

Kite semua juga tau, pada dasarnya kite semua punya cara bagaimana belajar yg cocok buat kite sendiri. Yang terpenting musti nyesuain dari prinsip-prinsip belajar. Sama halnya dengan suasana belajar, kite semua butuh yang namanya suasana yang beda, sesuai dengan kepengenan kite. Tentu aje pastinya kite butuh suasana lingkungan sekitar yang ngebikin pikiran kite tenang. Bukan berarti dengan lingkungan yang tenang ngebikin pikiran kite juga tenang., ada lebih dari 40% orang dalam belajarnya pikirannya kagag tenang kalo lingkungannya sepi. malah mereka anggap kalo sepi ngebikin mereka tegang, yang ada malah stresss…!!!asal jgn ampe bunuh diri aje tuh orang, haha…!!! Jadi jelas, bahwa setenang apapun ruang belajar kite, belum tentu menunjang keberhasilan dalam belajar.

4. Kurang Aktivitas Hiburan atawa Rekreasi

Seperti halnya fisik atawa badan kite, proses berpikir yang merupakan aktivitas mental saat kite belajar dapat mengalami kelelahan, dan kelelahan itu pun butuh yang namanya istirahat dan penyegaran atawa bahasa kerennya refreshing (cieee gaya lo cing..!!!). Sebenarnya aktivitas belajar itu banyak menyita energi mental. Rasa lelah bukan cuma dirasain sama mental atawa pikiran aje, tapi juga terasa di semua organ tubuh kite…(ampun DJ..!!!). Kalo di idup kite ini cuman dipenuhin ama yang namanya belajar tanpa diimbangin hiburan (rekreatif) dan penyegaran (refreshing), bisa jadi kite akan mengalamin gejala kelelahan mental yang berat dan berlarut-larut. Jadi Kelelahan model kayak gitu yang sering disebut kejenuhan. Kejenuhan tersebut dirasakan dalam bentuk gejala timbulnya rasa enggan, males, lesu, kagag semangat atawa kurang gairah dalam belajar, walaupun kite masih punya kemauan yang cukup kuat dalam belajar. Namun apadaya pala gue udah panas kayak gini, masih aja diterusin tuh belajarnya…(ampun DJ..!!!). Makanya kreatif dikit, istirahat dulu ngapa buru-buru amat belajarnya udah kayak di udak-udak depkolektor aje…!!!?? mending ngehibur kite aje biar fresh,, cerita, ngelawak, ngelucu, atawa kasih permainan ngapa (jadi topeng monyet jg gag apa-apa, he3x..!!!)

Udah tuh, sedikit uraian tentang masalah kejenuhan belajar siswa. Yang kepingin idup kite selalu BT atawa bosen terusin aja cara yang biasa kita lakuin ke siswa. Kalo kagag mo, yaudah mending dari sekarang ubah cara ngajar anda. Ngajar musti variasi, sekali-sekali belajar ditempat yang berbeda atawa posisi meja dan kursi dirubah, buat suasana lebih menarik suasana yang tenang bukan berarti pikiran juga tenang malahan bisa bikin tegang, dan beri sedikit istirahat dan hiburan yang akan mendinginkan kepala anak.

wassalam…

Tentang Lukman

orang yang benci, dan dengki padamu akan menuduhmu melakukan kesalahan, bukan kamu melakukan kesalahan, tapi kedengkian orang itu yang menjadikan apa saja salah di matanya. sebab keburukan hatinya itu melahirkan keburukan. sepiteng/ penampung tinja itu selalu mengeluarkan bau busuk, sekalipun kamu berdiri di sampingnya dalam pakaian baru dan minyak wangi mahal, penampung tinja itu tak akan mengomentari dengan bau wangi, tetap saja dia berkomentar dengan bau busuk -mahkota ruhani-
Pos ini dipublikasikan di Berita, Metode Belajar, Pendidikan dan tag , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Penyebab Kejenuhan Belajar

  1. ahnku berkata:

    Gubrak iya ya… haha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s