Mencari FPB dan KPK cara cepat dan mudah


 Pengertian dari KPK dan FPB yakni:

KPK = Kelipatan Persekutuan TerKecil

FPB = Faktor Persekutuan TerBesar

Namun yang lebih singkatnya dalam pengertiannya KPK yakni bilangan yang bisa dibagi dan FPB bilangan yang bisa membagi. Maksudnya yakni bilangan FPB bisa Membagi KPK dan KPK bisa dibagi FPB.

Dalam pencarian FPB dan KPK biasanya menggunakan pola pohon faktor. Namun kini kita coba menggunakan pola 10 kali lebih cepat dari cara yang biasa. Pola ini dinamakan pola Dahsyat. Misalkan contoh:

Carilah FPB dan KPK dari 12 dan 16

Cara Pohon Faktornya yakni:

12 = 2 x 2 x 3 = 22 x 3

16 = 2 x 2 x 2 x 2 = 24

FPB-nya: cari yang sama dan pangkat terkecil

jadi: 22 = 4, FPBnya adalah 4

KPKnya: cari yang sama, pangkat terbesar dan sisanya

jadi : 24 x 3 = 16 x 3 = 48, KPKnya adalah 48

Kemudian sekarang dengan cara cepatnya

Rumus:

FPB: yang besar dibagi yang kecil, sisanya itu FPB

KPK: yang besar dikali yang kecil dibagi FPB

FPB dan KPK dari 12 dan 16

FPB = Yg Besar dibagi yang Kecil, sisanya itu FPBjadi sisanya/FPBnya adalah 4

KPK = Yg Besar dikali yg kecil dibagi FPB

Jadi KPKnya adalah 48

Mudah bukan…!!!

Sekarang anda dapat mencoba soal berikut:

Klik untuk soal

Bagi rekan-rekan yang ingin mengetahui langkah mendapatkan fpb dan KPK 3 bilangan dapat membaca di sini Misal FPB dan KPK dari 32,56,72

Mau dapet duit..!!! Gratisssssssssssssssss tanpa mengeluarkan uang sepeser-pun.. daftar sekarang juga…

Data-data penting anda jangan hanya disimpan di komputer…simpan lagu, file, video, berkas-berkas penting anda tanpa biaya alias gratis..tis..

Join 4Shared Now!Join 4Shared Now!Join 4Shared Now!

Iklan

80 thoughts on “Mencari FPB dan KPK cara cepat dan mudah

Add yours

  1. terimakasih kepada mas anas yang telah mengunjugi blog ini,, saya pun akan memberika lebih kepada semua teman-teman yang ingin mengetahui cara cepat matematika…nanti akan saya terbitkan cara cepat penyelesaian akar pangkat dua…

  2. terimakasih aku sdh paham skrg semoga bisa jelaskan ke anaku. makasih ya……. mungkin lain kali ada kesulitan mau tanya mhn dijawab ya….

    1. untuk bilangan 24 dan 40, cara-nya sebagai berikut:

      40 : 24 = 1, sisa 16… (kembali ke- pengertian awalnya dimana FPB adalah bilangan yg dapat membagi)

      16 tidak dapat membagi 40….dan
      16 tidak dapat membagi 24…., maka proses dilajutkan dengan membagi bilangan yg terkecil dari 40 dan 24, yakni 24, dengan sisa (16), jadi…

      24 : 16 = 1, sisa 8 (coba kita periksa apakah…)

      8 dapat membagi 40…?? jawabnya (bisa), dan
      8 dapat membagi 24…?? jawabnya (bisa), maka….

      FPB dari 40 dan 24 adalah 8….

      terimakasih yah mas…^_^

    1. baik mas biyan terimaksih…
      untuk FPB pd bilangan 50 dan 100, adalah bilangan yang habis dibagi??…cara lain agar dapat dipahami dengan melakukan proses pengurangan (selisih).

      100 – 50 = 50 (periksa kembali)

      apakah 50 dapat membagi 100?? (ya)
      apakah 50 dapat membagi 50?? (ya)

      maka FPB dari 50 dan 100 adalah 50….

      terimakasih….^_^

    1. semakin keren euy pertanyaannya..hehehe,,

      untuk FPB dari 126 dan 525

      525 : 126 = 4 sisa 21….

      Pembuktian:
      21 dapat membagi 525, dan
      21 dapat membagi 126
      jawabnya iya..

      Maka 21 adalah FPB dari 525 dan 126…

      terima kasih mas raka…^_^

  3. kalau anda menemukan rumus sebaiknya sudah di uji untuk semua kasus biar nggak ter jadi aliran yang menyesatkan banyak fihak. tolong artikel ini segera diperbaiki. untuk pembaca lainnya hati2 menggunakan rumus ini sebab tidak semua bisa dipakai

    1. mohon maaf dan terimakasih saudara/i didik yg telah menyempatkan berkunjung di blog saya. terimakasih jg atas saran dan masukkan terhadap tulisan saya ini. saya hanya memberikan kontribusi positif terhadap layak masyarakat, dan dalam tulisan saya ini, saya berikan secara bertahap agar dapat dipahami tahap demi setahap. Dan tindak lanjutnya saya berikan solusi dari pertanyaan … Rumus ini berlaku untuk semua soal sesuai referensi yang saya dapatkan dan sudah teruji… terimakasih

  4. Mau tanya kalo FPB dari 49 dan 36 gimana cara mencarinya?saya sudah coba rumus2 di atas, tapi kok tidak ketemu, apa mungkin tidak ada FPBnya?thx

  5. maaf maz, fpb dari 2 bilangan tu pazti ada. seperti 49 dan 36. tu fpb nya 1. bukankah 1 membagi semua bilangan? mohon dikoreksi pernyataannya

    1. kalo ada bilangan primanya dan bilangan yang lain tidak habis dibagi bilangan prima tersebut ………..gak usah dicari lagi
      pasti fpb-nya = 1

    1. 42:24 =1 sisa 18
      18 tidak dapat membagi 42 dan 24 lanjutkan pembagian
      24 :18 = 1 sisa 6
      6 dapat membagi 42 dan 24
      fpb-nya = 6

  6. aq masih bingung cr cepat yg k2
    fpb(yg bsr dibagi yg kecik)
    kpk(yg bsr di kali yg kecik)
    bgaimana kl soalnya ada 3 cnthnya kpk&fpb dari 20,24,dan 48.

  7. aku coba fpb dari 40 dan 25..40 bagi 25 hasilnya 1 sisa 15…berarti kan fpb 15…ga sesuai..aturannya kan fpb nya 5…apa ada pengecualian???

    1. 40:25=1 sisa 15, 15 tidak membagi 40 dan 15, lanjutkan pembagian
      25 : 15 = 1 sisa 10, 10 juga tidak membagi 40 dan 15, lanjutkan terus pembagian
      25 : 10 = 2 sisa 5, nah fpb-nya = 5

  8. hmm
    kalo dalam aplikasi rumus yang anda buat, masih ada orang yg belum paham, berarti cara anda masih membingungkan…
    berarti jelas blm teruji kelayakannya,,,
    tnkhs

    1. CARA FAKTOR

      12=2^2X3
      24=2^3X3
      48=2^4X3

      FPB=2^2X3=12
      KPK=2^4X3=48

      48-24=24
      24-12=12 (12 DPT MEMBAGI KETIGA BILANGAN TERSEBUT)

      FPB = 12
      KPK=(48X24X12):(24X12)=48

    1. 49 = 7^2 ;
      63=7×3^2 . FPB=7
      Cara cepat:
      63-49=14 (14 tidak dapat membagi kedua bilangan) maka dilanjutkan dgn bilangan kecil dibagi dengan hasil pertama)
      49:14=3 sisa 7
      Maka: FPB= 7

  9. Bagai mana kalau untuk tiga angka seperti …cari FPB dan KPK dari 147,189 dan 231, saya kesulitan dengan cara cepatnya. ini soal PR dari anak saya kelas VI. Mohon penjelasannya.

  10. ma’af, ini byk yg tny bagaimana cara cari kpk dan fpb utk 3 bilangan,sy jd ikut penasaran,,,,,
    tapikok g ada komentar balasan y?
    kalo memang ada, mohon utk di share, trims…. 🙂

  11. Tentukan FPB dan KPK dari 28, 36 dan 48
    Langkah 1: Tentukan FPB dari 2 bilangan yang besar yaitu 36 dan 48
    48 : 36 = 1 (sisa 12)
    36 : 12 = 3 (sisa 0)
    FPB dari 36 dan 48 adalah 12
    Langkah 2: Tentukan FPB dari bilangan yang paling kecil tadi dengan hasil FPB dari kedua bilangan yang lain yaitu: 28 dan 12
    28 : 12 = 2 (sisa 4)
    12 : 4 = 3 ( sisa 0)
    Jadi, FPB dari 28, 36 dan 48 adalah 4
    Cara menentukan KPK:
    28 = 4 x 7
    36 = 4 x 9
    48 = 4 x 12
    Karena 9 dan 12 masih habis dibagi dengan bilangan yang sama yaitu 3 maka harus diubah menjadi;
    28 = 4 x 7
    36 = 4 x 3 x 3
    48 = 4 x 3 x 4
    Jadi, KPK dari 28, 36, dan 48 adalah 4 x 3 x 7 x 3 x 4 = 12 x 21 x 4 =252 x 4 =1008

    1. CARA FAKTOR
      28 =2^2.7
      36 =2^2.3^2
      48 =2^4.3

      FPB=2^2=4
      KPK=2^4.3^2.7=16.9.7=1008

      CARA CEPAT
      48-36= 12 (12 TIDAK DAPAT MEMBAGI 28)
      28-12 = 2 SISA 4 (4 ADALAH FPBNYA)

      KPK : (48X36X28):(12)X4 = 1008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: